6 Buah Ini Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

by cgcr9
6 Buah Ini Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Ketika hamil, tentu apapun yang dikonsumsi akan memberikan pengaruh terhadap janin. Sehingga harus waspada dan hati-hati dalam memilih jenis makanan. Sama halnya dengan buah, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari agar kesehatan ibu dan calon bayi tetap terjaga. Berikut ini 6 buah yang sebaiknya tidak dimakan saat hamil, antara lain :

1.Nanas

Salah satu buah yang wajib untuk dihindari adalah nanas. Jika dilihat dari bentuknya, mungkin buah satu ini terlihat cukup menarik sehingga banyak yang mengkonsumsinya. Namun bagi ibu hamil sebaiknya menghindarinya karena diyakini mengkonsumsi nanas secara berlebihan dapat menyebabkan kontraksi rahim. Kontraksi tersebut jika memburuk dapat memicu keguguran.

Nanas sendiri mengandung enzim  bromelain yang tidak baik bagi tubuh. Enzim ini  bertugas untuk memecah protein sehingga dapat melunakkan serviks dan menyebabkan persalinan sebelum waktunya.

2. Asam Jawa

Tamarin atau yang biasa disebut dengan asam jawa juga menjadi buah yang sebaiknya dihindari ketika sedang hamil. Meskipun kaya akan vitamin C, namun jika dikonsumsi terlalu banyak justru akan berbahaya. Hal ini karena dapat menekan produksi hormon progesteron dalam tubuh ibu hamil.

Kondisi ini kemudian membuat tingkat progesteron menjadi rendah sehingga menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, maupun lainnya yang tidak kalah berbahaya. Jadi, rasa buah ini disukai banyak ibu hamil, namun tetap harus memperhatikan dari segi kesehatan dan keamanan terutama untuk janin.

3. Pepaya Muda

Buah yang tidak boleh dimakan saat hamil selanjutnya adalah pepaya muda. Hal ini mengonsumsi pepaya karena dapat meningkatkan suhu pada tubuh ibu hamil. Pepaya juga memiliki kandungan lateks yang tidak baik untuk tubuh. Beberapa kondisi yang bisa disebabkan oleh lateks yaitu menyebabkan kontraksi rahim, pendarahan, dan bahkan keguguran.

4. Pisang

Buah yang satu ini perlu dihindari terutama bagi ibu hamil yang memiliki keluhan diabetes gestasional. Pisang sendiri mengandung zat yang mirip dengan kandungan pada pepaya yaitu kitinase. Oleh karena itulah untuk ibu hamil dengan riwayat alergi terhadap zat tersebut sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi buah ini selama masa kehamilan.

5. Buah Kurma

Buah yang penuh nutrisi namun tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak ketika hamil selanjutnya adalah kurma. Alasan utamanya karena kurma dapat menaikkan suhu tubuh dan memicu kontraksi rahim. Namun, meskipun begitu, ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi dalam jumlah kecil yaitu 1-2 butir saja dalam sehari. Hindari konsumsi dengan jumlah lebih dari itu karena dapat menyebabkan komplikasi.

6. Anggur

Anggur sendiri dikategorikan sebagai salah satu buah yang paling bergizi dan sangat lezat tentunya. Namun, meskipun demikian anggur tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil karena pada kulitnya sendiri mengandung senyawa resveratrol. Senyawa tersebut dapat berisiko buruk terhadap ibu hamil dan calon bayi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Itu dia daftar buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika hamil demi kesehatan  bagi ibu dan calon buah hati. Untuk menyambut kelahiran calon bayi, jangan lupa juga untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik termasuk botol susu yang direkomendasikan yaitu botol dr browns.

You may also like