Apa Itu Piston? Komponen Penting Untuk Penggerak Kendaraan

by cgcr9
Apa Itu Piston? Komponen Penting Untuk Penggerak Kendaraan

Dalam sebuah sistem bahan bakar kendaraan, pertanyaan apa itu piston menjadi salah satu bagian yang mempunyai peranan yang begitu penting. Hal ini tidak lain karena piston  menjadi salah satu komponen yang bisa menghasilkan energi kalor atau panas menjadi energi mekanik. Dengan begitu nantinya bisa menggerakkan kendaraan untuk itu tidak heran jika keberadaannya sendiri sangat penting bagi sebuah kendaraan.

Sebab jika tidak ada komponen yang bernama piston  ini maka pastinya kendaraanmmu dipastikan tak dapat bergerak nantinya. Peran piston  sendiri tidak lain yaitu untuk menahan ekspansi gas dari hasil pembakaran lalu mengirimkan sebuah letupan. Dimana nantinya letupan atau ledakan tersbut akan disalurkan ke bagian poros engkol yang gerakannya memutar.

Nantinya pada bagian ruang pembakaran sendiri, busi pada kendaraanmu akan menghasilkan sebuah percikan api kecil yang ada aliran listriknya. Dimana tekanannya sendiri begitu tinggi sehingga memunculkan letupan itu tadi. Setelah itu engergi yang ada di bagian campuran fluida nantinya akan diubah menjadi energi kalor dan mendorong piston  atau torak ke bagian bawah alias poros engkol itu tadi.

Fungsi dari piston  sendiri tidak lain yaitu untuk menaikkan tingkat tekanan dan juga panas. Dimana penggunaan komponen piston  ini tentunya tidak ada batasannya termasuk di dunia industri otomotif sekalipun sampai di bagianpendinginnya sendiri atau cooling system yang ada di dalamnya. Di bagian kompresor komponen piston  tersebut nantinya akan mempunyai peran untuk menaikkan tingkat tekanan dan juga panas dari fluida.

Dimana fluida atau lebih sering disebut dengan istilah refrigerant ini mampu menghasilkan panas dan juga menghantarkannya. Bahkan secara tidak langsung nantinya gerakan piston  yang naik turun tersebut mempunyai pernanan yang sangat penting juga di bagian proses kompresi sendiri. Dimana proses kompresi yang dimaksud itu tadi termasuk pada campuran bahan bakar dan juga udara. Menariknya lagi, piston  juga kerap dipakai sebagai elemen pengunci untuk mencegah terjadinya perpindahan gas yang ad di bagian ruang pembakaran hingga engkol itu tadi. Selain itu piston  juga akan mencegah naiknya oli dan juga minyak yang ada di bawah.

You may also like