Aplikasi Bikin Gambar Bergerak Paling Gampang Digunakan

by cgcr9
Aplikasi Bikin Gambar Bergerak Paling Gampang Digunakan

Beberapa waktu lalu, media sosial seperti TikTok dan Instagram dihebohkan dengan banyaknya postingan foto yang bergerak dari para konten kreatornya. Lantas juga banyak yang penasaran dengan aplikasi bikin gambar bergerak apa saja yang mereka gunakan.

Saat ini, memang sudah ada aplikasi yang menyediakan fitur tersebut. Adanya aplikasi ini, memungkinkan setiap orang melakukan pengeditan terhadap foto dalam objek yang membuatnya seolah bergerak. Tapi, banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut hanya untuk bersenang-senang saja.

Baca Juga : MB WhatsApp

Meskipun juga tidak jarang ada yang menggunakan aplikasi untuk sarana melepas rindu terhadap orang-orang yang memang sudah lama tidak dijumpainya. Metode pengeditan yang dilakukan pun terbilang sangat sederhana. Maka dari itu ada banyak pengguna smartphone yang penasaran untuk menggunakannya.

Rata-rata dari aplikasi yang bisa bikin gambar jadi bergerak inipun gratis untuk digunakan. Jadi, setiap pengguna tidak perlu merogoh kocek terlebih dahulu saat ingin mendownload maupun menggunakannya. Penasaran? Berikut, akan kami sediakan daftar aplikasinya.

Aplikasi Bikin Gambar Bergerak

Gambar bergerak bisa didefinisikan beragam. Ada yang hanya membuat beberapa objek tertentu dalam foto yang dibuat bergerak, bahkan ada yang bisa membuat orang dalam foto tersebut bergerak. Tinggal tentukan kebutuhanmu dan pilihlah salah satu dari sejumlah aplikasi berikut:

1. MyHeritage

Aplikasi bikin gambar bergerak pertama yang kami rekomendasikan adalah MyHeritage. Aplikasi ini belakangan memang cukup ramai digunakan. Tentu saja alasannya karena dengan MyHeritage, foto yang awalnya diam bisa jadi bergerak. Menariknya lagi, kamu bisa loh bikin foto lawas jadi terlihat hidup lagi.

Ya. Dalam aplikasi MyHeritage ada fitur yang bernama Deep Nostalgia. Fitur tersebut dibuat oleh perusahaan silsilah online yang terbaik di dunia. Aplikasi ini, sudah dibekali dengan Artificial Intelligence (AI) yang memiliki lisensi D-ID guna membuat suatu efek gerak.

Jika ingin tahu bagaimana orang-orang terdahulu seperti nenek buyut ketika masih muda, coba saja langsung scan foto yang ada ke dalam aplikasi. Nantinya, MyHeritage akan memproses hasil scan tersebut dan membuat foto jadi bergerak. Kamu juga bisa menyimpannya dalam folder ponsel, loh!

2. PixaMotion

Kalau tadi berupa aplikasi yang bisa bikin orang dalam foto jadi terlihat bergerak, sekarang waktunya kamu tahu aplikasi yang bisa bikin objek dalam foto jadi bergerak. PixaMotion sangat tepat digunakan bagi kamu yang sering membuat live wallpaper di smartphone.

PixaMotion ini memungkinkan setiap pengguna membuat foto yang diinginkan bisa bergerak sesuai dengan gesture yang ditentukan. Misalnya saja ada foto air terjun. Di dalam foto, air terjun tersebut tidak nampak bergerak. Coba langsung impor ke dalam PixaMotion.

Nantinya, dalam aplikasi PixaMotion akan ada beberapa pilihan gerakan. Kamu bisa tuh memilih untuk membuat air terjun yang ada di dalam foto seolah-olah bergerak. Tidak hanya itu. PixaMotion juga menyediakan berbagai macam efek yang menarik untuk digunakan.

Menariknya lagi, kamu bisa sangat mudah menentukan arah gerakan dari objek yang ada dalam foto. Hanya tinggal mengaturnya sesuai dengan selera saja. Dengan itu, objek dalam foto bisa bergerak seperti gerakan sesungguhnya.

3. Gif Me! Camera

Aplikasi selanjutnya yang juga kami rekomendasikan adalah Gif Me! Camera. Aplikasi ini pada umumnya digunakan untuk membuat foto bergerak layaknya salah satu fitur yang ada di Instagram. Ya. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk bikin boomerang seperti di Instagram.

Masih ada beberapa fitur lain yang disediakan dalam aplikasi ini. Beberapa di antaranya seperti timelapse, stop motion, dan juga GIF. Guna menggunakan aplikasi ini, kamu wajib memiliki OS Android dengan minimal versi Android 4.0+.

4. Lumyer – Magic Photo Animator

Lumyer – Magic Photo Animator juga kami rekomendasikan sebagai salah satu aplikasi bikin gambar bergerak yang paling gampang digunakan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat atau memberikan efek animasi terhadap foto yang diinginkan. Aplikasi ini kemudian bisa membuat foto milikmu jadi tampak lebih hidup.

Belum cukup di situ. Lumyer pun menyediakan foto bergerak 3D dan juga lebih dari 200 filter yang sudah siap untuk digunakan. Kamu bisa memilih filternya sebelum mengubah foto jadi animasi. Filter yang ada bisa membuat animasi dalam foto tampak lebih real. Lumyer pun menyediakan metode penyimpanan dalam bentuk GIF.

Setelah disimpan, kamu pun bisa langsung mencarinya dalam folder penyimpanan dan kemudian membagikannya ke media sosial milikmu.

5. Zoetropic

Nama aplikasi lain yang dapat membuat suatu foto jadi bergerak adalah Zoetropic. Aplikasi ini sepertinya sangat gampang digunakan untuk membuat kesan hidup terhadap setiap foto yang kamu miliki. Zoetropic juga memungkinkan kamu mendapatkan efek sinematik yang sangat indah pada foto.

Jika ingin menggunakannya, kamu hanya perlu melakukan masking terhadap sejumlah area foto yang ingin dibuat diam. Jangan lupa sisakan beberapa bagian dalam foto yang ingin dibuat bergerak. Setelah itu tinggal pilih gerakan seperti apa yang akan digunakan pada foto.

Saat menggunakannya, kamu mungkin tidak sedikitpun membutuhkan tutorial yang rumit. Kamu pasti bisa langsung menggunakannya sesaat setelah mendownload dan membuka aplikasi Zoetropic ini.

6. Live Motion Picture

Seperti namanya, tentu aplikasi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat foto jadi nampak bergerak. Aplikasi ini menawarkan fitur sederhana bagi kamu yang ingin membuat animasi yang cukup menarik di media sosial.

Namun, aplikasi Live Motion Picture ini hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat suatu foto seolah-olah saja bergerak. Kamu masih tidak bisa menambahkan latar musik atau suara ke dalamnya.

Meskipun demikian, penggunaan Live Motion Picture ini terbilang sangat simpel. Jadi, bagi para pemula sekalipun masih bisa menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah.

7. StoryZ Photo Motion & Cinemagraph

Aplikasi lainnya yang bisa membuat foto milikmu tampak bergerak adalah StoryZ Photo Motion & Cinemagraph. Aplikasi ini memang bisa mengubah foto jadi format GIF serta animated double exposure.

Agar dapat menggunakan aplikasi ini, kamu tidak butuh spesifikasi smartphone yang tinggi. Pasalnya, ukuran dari file aplikasi tersebut terbilang sangat kecil yakni hanya 15,5 MB saja. Ukuran yang sangat ringan untuk spesifikasi smartphone yang ada saat ini.

8. Plotaverse – Create Your Reality

Jika dilihat dari namanya yakni Plotaverse – Create Your Reality sepertinya menjadi tanda kalau aplikasi ini akan menambah fitur seperti Plotagraph yang menjadi aplikasi eksklusif di iOS.

Aplikasi foto bergerak satu ini menyediakan cukup banyak fitur seperti selection tools, animation tool, instant playback, sampai juga bisa menyesuaikan kecerahan dari foto yang digunakan.

Dari aplikasi ini pun kamu bisa menambahkan latar musik atau suara. Gambar yang sudah diedit pun bisa diekspor dalam bentuk PNG, MP4, dan juga GIF.

Penutup

Silakan gunakan aplikasi bikin gambar bergerak manapun sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan lupa ketahui dulu apa kebutuhanmu baru memilih aplikasi mana yang sesuai.

Sumber : https://sarinahonline.co.id/

 

You may also like