Arti Centang Biru di Instagram, Syarat dan Cara Mendapatkannya

by cgcr9
Arti Centang Biru di Instagram, Syarat dan Cara Mendapatkannya

Ikon apapun, baik itu berupa simbol, gambar atau tulisan pasti mempunyai arti tersendiri. Begitu pula yang terjadi pada salah satu platform sosial media Instagram. Banyak orang yang bertanya apa arti centang biru di Instagram? Jawaban singkatnya simple kok! Artinya adalah verifikasi. Detailnya adalah akun tersebut sudah di verifikasi oleh Instagram bahwa memang benar-benar ada dan asli. Orang yang ada dibalik akun tersebut memang benar ada di dunia nyata dan benar atas namanya, bukan akun palsu, fake atau bodong.

Memangnya apa sih kelebihan dari akun verifikasi tersebut? Fungsi pertama adalah dari sudut pandang pengguna lain, agar mereka tidak tertipu dengan akun duplikat yang bisa jadi akan memanfaatkan keluguan kalian. Jadi misal begini, kalian punya salah satu fans, sebut saja Cristiano Ronaldo, kalian selalu mengikuti rekam jejak beliau dengan mengikuti setiap bagian dari style nya. Pastikan kalian sudah benar mengikuti  akun Cristiano Ronaldo yang asli dengan memastikan ada centang biru di sebelah namanya. Karena kalian juga pasti tahu bahwa akan ada banyak nama yang sama namun beda orang tentunya. Keuntungan centang biru Instagram bagi pemiliknya adalah agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang dapat mencemarkan nama baik atau merugikan pengguna lain.

Syarat Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Dari penjelasan diatas, mungkin kalian tahu syarat apa saja untuk mendapatkan centang biru. Jika masih tidak tahu, maka sudah selayaknya kalian baca beberapa persyaratannya dibawah ini.

  1. Orang Terkenal

Salah satu target penyalahgunaan akun palsu adalah orang terkenal. Tidak hanya artis lho ya! Orang terkenal bisa jadi tokoh negara seperti presiden, menteri dan wakil rakyat. Selain itu, atlet, seniman dan tokoh masyarakat juga bisa dikategorikan orang terkenal. Yang jelas mereka dikenal banyak publik. Walaupun dalam kategori yang disebutkan tadi, namun tidak terkenal, berarti bukan orang terkenal ya!

  1. Pelaku Usaha

Syarat yang kedua jika ingin mendapatkan centang biru adalah harus mempunyai usaha. Usaha apa saja yang bisa dipromosikan melaui Instagram sudah bisa memenuhi persyaratan. Bahkan jika kalian hanya promosi dagangan pentol saja. Arti centang biru di Instagram untuk pelaku usaha sangat penting kawan! Jika usaha tersebut laris dan banyak peminat, pasti akan mengundang kejahatan dunia maya dengan menduplikasikannya bukan?

  1. Selebgram

Hal yang sama juga akan terjadi jika kalian mendadak menjadi selebriti di Instagram. Pasti ada banyak orang iseng yang akan melakukan cloning terhadap akun tersebut. Dengan tujuan merusak nama baik atau hanya sekedar mengambil keuntungan darinya.

Ada syarat lagi yang menurut kami masih belum spesifik. Kabarnya pihak IG akan mempertimbangkan akun yang sedang hits dan memiliki banyak follower serta like yang banyak. Namun hanya sebagai pertimbangan ya! Instagram akan menelusuri lebih lanjut apakah akun tersebut benar ada dan bukan bot yang bisa dengan mudah mempunyai banyak follower.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Syarat diatas tidak harus terpenuhi semua ya! Jadi misalkan kalian hanya masuk pada satu kriteria persyaratan saja, maka kalian bisa mengajukan verifikasi akun. Anggap saja kalian adalah pelaku usaha, ikuti langkah seperti dibawah ini:

  1. Masuk pada akun Instagram.
  2. Pilih ikon tiga garis vertikal, kurang lebih itu artinya pilihan untuk pengaturan.
  3. Pilih “setting”.
  4. Lanjutkan dengan pilih “Account”.
  5. Dan terakhir kalian pilih “request verification”
  6. Tunggu balasan apakah kalian masuk pada salah satu kriteria diatas.

Baiklah kawan! Kita sudah membahas arti centang biru di Instagram, syarat untuk mendapatkannya dan cara mengajukan verifikasi tersebut. Saya harap semua penjelasan diatas dapat menambah wawasan kalian semua ya!

You may also like