Bagaimana Contoh Proposal Kewirausahaan yang Baik? Berikut Ulasannya!

by cgcr9
Bagaimana Contoh Proposal Kewirausahaan yang Baik? Berikut Ulasannya!

Pada dasarnya proposal kewirausahaan sendiri sering digunakan untuk kegiatan bisnis. Dimana umumnya proposal yang satu ini berupa dokumen tertulis yang biasanya dibuat oleh seorang pengusaha. Isinya sendiri tidak lain yaitu berupa rencana usaha ke depannya yang mana harus dijelaskan secara detail. Dengan kata lain tidak hanya informasi yang sifatnya internal saja, melainkan juga eksternal berikut contohnya.

Sebagai contoh, kamu bisa simak contoh proposal kewirausahaan dengan judul TONER AIR MAWAR. Dimana nantinya kamu wajib mengisikan rencana produkmu sendiri yaitu toner air mawar tersebut nantinya akan dikemas dalam sebuah botol semprot dengan ukuran sebesar 150 ml. Sehingga mudah dibawa kemana saja dan juga kapan saja pastinya. Selain itu, toner air mawar ini mempunyai khasiat yang begitu tinggi untuk kulit wajah perempuan maupun laki-laki. Jika sudah, maka informasi selanjtunya yang wajib kamu cantumkan yaitu mengenai alat dan juga bahan yang dibutuhkan untuk membuat toner air mawar tersebut pastinya.

Sebagai contoh, kamu harus bisa menjabarkan alat dan bahwan yang digunakan untuk pembuatan toner air mawar tersebut. Seperti halnya air mineral, mawar, wadah yang berukuran besar, gelas ukur, botol semprot dengan kemasan mini yang berukuran 150 ml, dan juga sendok. Setelah selesai, maka kamu tinggal menuliskan proses pembuatan toner air mawar itu sendiri. Dimana kamu harus menjabarkan secara detail mulai dari proses pembuatannya sendiri hingga pengemasannya.

Setelah itu, kamu tinggal membuat anggaran rencana biayanya saja dimana masing-masing kebutuhan pembuatan toner air mawar tersebut harus dijabarkan dengan detail. Selain itu kmu juga wajib menuliskan harga jualnya sendiri per satu botol toner air mawar tersebut. Jangan lupa proyeksikan penjualan 10 botol  toner air mawar hingga laba bersih yang akan diperoleh nantinya. Pastikan semua itu kamu tulis dengan detail dan menyeluruh jangan sampai ada yang salah. Terakhir, kamu wajib membuat analisa swot mulai dari kelebihannya, kekurangannya, peluangnya, dan juga kelemahannya dari produksi toner air mawar tersebut pastinya. Dengan begitu nantinya kamu bisa meminimalisir berbagai macam risiko ke depannya.

You may also like