Cara Melihat Password Gmail Sendiri di PC dan Smartphone dengan Mudah

by cgcr9
Cara Melihat Password Gmail Sendiri di PC

Kata Sandi merupakan salah satu hal paling krusial yang harus diingat oleh pemilik akun, salah satunya pada Gmail. Akan tetapi, sering kali banyak dilupakan sebagian orang, sehingga kebingungan saat membutuhkannya. Solusinya, praktikkan cara melihat password Gmail sendiri berikut.

Cara Melihat Password Gmail Sendiri Melalui PC

Ketika akan melihat password kembali saat terlupa, maka caranya dapat dilihat melalui history browser yang terdapat di PC atau komputer. Namun, syaratnya harus pernah menyimpan sandi tersebut ketika membuka sebuah akun email terkait.

Pertama yang harus dilakukan yaitu, membuka browser dan pastikan akun Kamu telah login. Lalu pilih menu yang terletak di titik tiga kanan atas. Selanjutnya pilih menu setting, maka akan muncul tampilan baru. Sehingga, di dalamnya terdapat beberapa opsi dan salah satunya berupa password.

Setelah mengkliknya, maka Kamu akan melihat tampilan alamat-alamat website yang pernah dibuka beserta kata sandinya. Dari situ, sudah dapat dilihat password Gmail dengan mengklik ikon mata. Segera ingat dan catat baik-baik jangan sampai kelupaan.

Cara Melihat Password Gmail Sendiri Melalui Smartphone

Apabila melalui smartphone, sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dengan ketika menggunakan browser di komputer. Yakni dengan mengunakan aplikasi “chrome”, maka password akan muncul dengan tahap yang hampir sama.

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan yaitu, dengan membuka chrome lalu mengklik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan memilih opsi setelan. Pada menu tersebut, terdapat “simpan sandi” yang dapat dibuka.

Sehinnga Kamu akan diarahkan ke laman password.google.com, maka dari sini dapat mencari akun Google dan melihat kata sandi yang terlupa.

Bagaimana Cara Memulihkan Password Gmail?

Saat ingin memulihkan akun Gmail, langkah pertama adalah dengan membuka akunnya melalui Google, kemudian di bagian bawah terdapat opsi lupa sandi, maka pilih pilihan tersebut. Maka, Kamu akan diarahkan untuk mengisi password terakhir yang diingat.

Apabila tidak mengingatnya, maka harus memilih opsi cara lain sehingga pihak Google akan meminta Kamu untuk memverifikasi melalui ponsel (apabila akunnya terhubung). Jika tidak bisa juga, maka langkah selanjutnya dapat dicoba dengan menggunakan nomor telepon.

Jika cara ini tetap tidak bisa, maka langkah terakhir adalah dengan menggunakan email pemulihan yang pernah diisi sebelumnya (sebagai cadangan). Apabila tidak ada, maka jangan berharap lagi bisa digunakan, dengan kata lain pupus sudah harapan.

Tips Agar Tidak Lupa Password

Selanjutnya adalah tips supaya tidak mudah lupa dengan password yang digunakan, karena berbagai sebab. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kata Sandi Terlalu Sulit

Kata Sandi yang terlalu sulit ini memang sangat rawan untuk dilupakan. Banyak orang menggunakan password dengan berbagai huruf atau kombinasi angka, bahkan acak dengan harapan tidak mudah dibobol. Memang benar alasannya, akan tetapi jika terlalu sulit Kamu pun akan mudah lupa sehingga berakhir tidak bisa membuka akun.

2. Terlalu Sering Mengganti Password

Terlalu sering mengubah kata sandi ini juga dapat menjadi momok ketika membuka akun kembali. Biasanya, orang lupa mencatat dan berakhir dengan kelupaan. Sehingga langkah terbaik adalah, dengan menggunakan kata sandi yang mudah diingat dan jangan menggantinya, misalnya ambil dari tanggal lahir, nama lengkap, kota tinggal dan sejenisnya. Baca juga tips menarik lainya di https://www.sadapwa.com

Demikian beberapa tips cara melihat password Gmail sendiri dengan menggunakan PC ataupun smartphone melalui browser yang digunakan. Supaya tidak mudah lupa, Kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips agar dapat membuka akun tanpa kendala apapun.

 

You may also like