Cara Memperbaiki Headset Rusak Berdasarkan Jenis Kerusakannya

by cgcr9
Cara Memperbaiki Headset Rusak Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Ada yang suka mendengarkan lagu saat senggang? Banyak orang yang lebih suka menikmati lagu untuk dirinya sendiri alias menggunakan headset. Oleh sebab itu, untuk orang seperti itu, apabila headsetnya rusak akan jadi masalah besar. Padahal, ada cara memperbaiki headset rusak dengan mudah.

Sebelum mulai memperbaikinya, ada baiknya kenali dulu jenis kerusakannya. Setelah tahu, nanti akan jadi makin mudah mengambil langkah perbaikan. Berikut ini akan dijelaskan cara memperbaiki sebuah headset rusak berdasarkan jenis kerusakan yang terjadi. Mungkin saja bisa jadi bahan inspirasi para pembaca yuk, simak!

1. Headset Rusak Karena Kabelnya Putus

Jenis kerusakan yang seringkali terjadi adalah kabelnya yang tiba-tiba putus. Banyak orang yang terlalu ceroboh atau kurang hati-hati ketika menggunakan perangkat headset. Biasanya, kabel headset tidak sengaja tertarik dengan keras, sehingga wajar jika terputus.

Jika sudah putus seperti ini, tidak ada cara perbaikan yang bisa dilakukan. Pengguna bisa membeli lagi dengan perangkat yang baru. Jika sudah punya yang baru, ada baiknya jaga baik-baik. Gunakan dengan hati-hati khususnya saat di tempat ramai.

2. Headset Rusak Tidak Bisa Mengeluarkan Suara Sebelah

Selain kabel terputus seluruhnya, keluhan yang biasa terjadi adalah hanya kabel bagian dalam yang bermasalah. Biasanya gejala yang dirasakan adalah salah satu headset tidak mau mengeluarkan suara. Headset dengan kualitas rendah paling sering mengalami hal ini, apabila terbentur walaupun sedikit saja.

Solusi dari permasalahan headset rusak seperti ini adalah pengguna coba saja gunakan seperti biasa. Lalu tekuk kabel pada headset yang tidak bisa mengeluarkan suara. Tekuk terus sampai bagian tersebut akhirnya dapat mengeluarkan suara. Artinya bagian kabel dalam yang putus sudah ketemu.

Pengguna tinggal gunting saja bagian kabel tadi menjadi 2. Ingat jangan sampai menggunting kabel dalamnya juga. Setelah menggunting, akan langsung terlihat kabel bagian dalam yang patah. Sambungkan saja sesuai warnanya, lalu rekatkan dengan selotip. Dengan begitu, headset akan kembali normal kembali.

3. Bass Pada Headset Mati

Pengguna mungkin pernah merasakan headset yang tidak mengeluarkan suara seperti biasanya. Terdengar jauh dan tidak nyaman. Itu bisa jadi karena bagian bassnya yang sedang mati. Hal ini terjadi mungkin karena headset tidak sengaja terkena air. Solusi untuk masalah ini pun, pengguna harus membeli perangkat baru. Selain itu, hindari meletakkan headset pada kantong baju karena berpotensi tercuci secara tidak sengaja.

4. Mengeluarkan Bunyi Sangat Pelan

Pernah mendengar musik dari headset padahal sudah pakai volume kencang tapi tetap mengeluarkan bunyi pelan? Hal itu mungkin terjadi karena 2 hal, ukuran musiknya memang kecil atau kabel headsetnya bermasalah. Headset bunyi pelan bisa karena kabelnya tertekuk. Pengguna bisa langsung gunakan saja selotip hitam pada bagian kabel yang rusak tadi. Apabila masih tidak bekerja juga, coba pakai aplikasi tambahan untuk menambahkan volume suara.

5. Terasa Nyetrum

Masalah yang cukup serius adalah saat headset digunakan lalu pengguna terasa seperti tersetrum. Jika pengguna merasakannya ada baiknya langsung lepaskan headset di telinga. Banyak kejadian seperti ini dan membuat pengguna sampai meninggal dunia. Biasanya kejadian begini, terjadi saat perangkat HP sedang diisi daya.

Kebetulan, pengguna juga sedang mendengarkan lagu menggunakan headset di saat yang sama dengan pengisian daya tersebut. Bukan tidak mungkin aliran listrik juga mengalir pada perangkat headsetnya. Istilah lainnya adalah mengalami korsleting listrik.

Apabila pengguna merasakan headset seperti ada tanda-tanda mengalami korsleting, ada baiknya lepas pada perangkat HP. Biarkan HP terisi dulu dayanya sampai penuh. Setelah itu coba pakai headset lagi, pada umumnya headset akan langsung kembali seperti semula.

Itu dia tadi informasi tentang cara memperbaiki headset rusak sesuai dengan jenis kerusakannya. Apabila ingin tahu lebih banyak informasi lain soal teknologi, game, atau gadget, buka situs avandaalvin.com. Hanya situs tersebut yang paling lengkap dan sangat direkomendasikan.

You may also like