Cara Menghemat Baterai HP Android

by cgcr9
Cara Menghemat Baterai HP Android

Tahukah kalian jika android merupakan salah satu system operasi yang lumayan boros penggunaan baterai. Tapi, terjadinya boros juga bisa disebabkan oleh cara penggunaan yang sang pemilik atau telah terdeteksi virus. Bukan masalah besar, pasalnya, baterai cepat habis menjadi hal umum dan tidak perlu cemas. Karena ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghemat baterai hp android. Namun, tidak banyak para pengguna masih belum paham, lalu bagaiman caranya? Seperti yang telah dikutip oleh Valetic.id tentang cara menghemat baterai hp android untuk bisa kalian coba. Mari simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Agar Baterai Android Tidak Boros

Nah, bagi kalian yang penasaran cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai hp android? Berikut ini kami akan membagikan beberapa cara yang bia dicoba. Sebaiknya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1.Menghapus Widget Di Homescreen

Menghapus widget juga bisa menghemat baterai lebih lama. Tidak perlu menghapus semuanya, kalian hanya perlu menghapus beberapa saja, seperti yang sudah tidak dipakai, dan biarkan widget yang masih digunakan. Harus kalian ketahui, jika widget juga membutuhkan resource untuk bisa beroperasi. Sebaiknya gunakan widget yang sekiranya bermanfaat saja.

2.Mengurangi Efek Transisi

Selanjutnya adalah efek transisi yang bisa menjadi penyebab baterai menjadi boros. Ketika kalian membuka atau menutup aplikasi maka akan memperlihatkan efek transisi. Berikut cara yang bisa kalian coba.

  1. Buka Pengaturan
  2. Pllih Tentang Ponsel, lalu pilih Informasi Perangkat lunak
  3. Lalu tekan 7x pada nomor versi (Nomor bentukan / Build Number)
  4. Dan kembali ke Pengaturan, lalu klik Pilihan Pengembang
  5. Scroll kebagian bawah, lalu cari Skala Animas (jendela, transisi, dan animato)
  6. Lalu ganti skala animasi jadi 0,5% atau klik Animasi Mati
  7. Selesai

3.Menggunakan Wallpaper Gambar

Gunakanlah wallpaper gambar yang tidak bergerak, atau bukanlah gambar sejenis animasi. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi baterai yang kalian gunakan menjadi cepat habis. Hindari pemakaian wallpaper animasi, karena akan memerlukan resource tinggi dibandingkan wallpaper biasa.

4.Kurangi Aplikasi Berjalan

Jika kalian mengoperasikan aplikasi banyak sekaligus, maka akan memberatkan android yang kalian gunakan. Dan akan membuat daya cepat habis, sebaiknya gunakan aplikasi seperlunya saja. Dan hentikan pemakaian berlebihan, agar baterai bisa menjadi lebih hemat.

5.Mengatur Brightness Manual

Android memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengatur brightness sesuai kebutuhan masing-masing. Selain itu, kalian bisa mengatur kecerahan adaptif, menjadikan android kalia lebih terang atau cerah dengan keadaan disekitarnya. Tapi, sebaiknya jangan dilakukan jika ingin menghemat baterai, Karena brightness bisa mempengaruhi baterai di android menjadi boros.

6.Matikan GPS, Bluetooth, Hotspot

Jika sudah digunakan sebaiknya matikan semua fitur tersebut agar bisa menghemat baterai lebih lama lagi, Sebaiknya gunakan ketika diperlukan saja. Dengan begini maka baterai hp android tidak cepat habis dan bisa lebih lama digunakan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kali ini tentang cara menghemat baterai hp android, yang bisa kalian coba terapkan sendiri dengan cara yang telah kami share diatas. Semoga apa yang bisa kami sampaikan bisa bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

Sumber : http://www.husnaramdani.com/

You may also like