Fantom Adalah Platfrom Beragam Manfaat, Ini Penjelasannya

by cgcr9
Fantom

Berbicara mengenai dunia investasi, memang sedang menjadi bahan perbincangan para investor. Topik yang paling sering menjadi bahan obrolan adalah pasar aset pada crypto, salah satunya fantom. Fantom adalah adalah salah satu aset crypto yang muncul kembali pada dunia investasi.

Apa itu Fantom ?

Fantom adalah platform smart contract yang berbasis DAG dengan kinerja yang tinggi, aman, serta memiliki skalabilitas yang tinggi. Teknologi pada fantom sendiri dirancang untuk mengatasi keterbatasan platform blockchain generasi pertama seperti Bitcoin.  

Dari segi keamanan, fantom mengandalkan protokol leaderless proof of stake untuk mengamankan jaringan. Fantom berusaha untuk tidak mengorbankan keamanan dan desentralisasi demi mencapai skalabilitas.

Fantom didirikan oleh salah satu ilmuwan komputer yang berasal dari Korea yaitu Dr. Ahn Byung Ik. Dengan team yang sangat hebat dan sudah berpengalaman dalam bidang komputer, menjadikan fantom memiliki performa yang memukau.

Manfaat Fantom

Fantom adalah platform yang memiliki banyak manfaat yang bisa dinikmati dan memudahkan para penggunanya. 3 manfaat dari platform fantom, antara lain:

1.Kompatibilitas EVM

EVM sendiri merupakan mesin virtual yang memungkinkan eksekusi kode transaksi persis seperti yang direncanakan. Dengan fitur uniknya, fantom mengklaim ideal untuk defi, pembayaran, aplikasi perusahaan, hingga manajemen rantai pasokan apapun.

Pihak pengembang tidak perlu kesulitan mempelajari bahasa baru apapun dalam pemrograman. Hal ini sepenuhnya kompatibel dengan EVM.

2.Fleksibilitas

Selain dari segi kompatibilitas, platform fantom juga fleksibel dengan bantuan efisiensi dan aksesibilitasnya. Dengan adanya fitur ini menjadikan fantom dapat digunakan pada berbagai industri.

Informasi terbaru, fantom digunakan di sektor-sektor seperti manajemen lalu lintas, manajemen sumber daya hingga sistem rumah pintar. Selain itu juga terdapat pada perawatan kesehatan dan pendidikan.

3.Dapat Diukur

Fantom memiliki kinerja dengan kecepatan yang tinggi sehingga menawarkan transaksi hampir secara instan. Pihak pengembang sendiri sudah menetapkan tujuan untuk menyerahkan 300,000 transaksi dalam satu detik.

Hal ini kemudian membuat fantom menjadi lebih unggul jika dibandingkan jaringan pemrosesan pembayaran lainnya seperti PayPal dan Visa. Fantom memiliki target kecepatan transaksi sepuluh kali lipat dari jaringan lainnya.

 Keunikan Platform Fantom

Platform ini dianggap unik karena menggunakan mekanisme Lachesis yang memfasilitasi defi dan layanan serupa lainnya. Selain itu, fantom juga kompatibel dengan hampir semua platform transaksi di dunia.

Hal unik lainnya adalah memiliki token FTM dimana memungkinkan aktivitas seperti mempertaruhkan dan mengumpulkan biaya maupun imbalan pengguna berlangsung. Platform ini sudah mengumpulkan hampir $40 juta untuk pengembangan dana melalui penjualan token di tahun 2018.

Fantom adalah platform yang memberikan banyak solusi untuk komunitas crypto. Dengan pelayanan maksimal namun harga rendah, diharapkan akan lebih mudah menguasai pasar di Korea Selatan.

 

You may also like