Ini Dia 5 Ide Peluang Usaha Untuk Mama Si Hobi Masak! Yang No. 5 Belum Banyak Tuh, Ma!

by cgcr9
Ide Peluang Usaha Untuk Mama Si Hobi Masak

Ide peluang usaha memang bisa datang dari mana saja. Tapi, pasti akan lebih menyenangkan menjalankan peluang usaha yang berangkat dari hobi.

Mama yang hobi masak, mana suaranya?! Wow, banyak! Seneng banget ya, kalau lagi bisa berkreasi lebih lewat masakan. Apalagi kalau keluarga kita menyukai masakan yang sudah kita buat dan hidangkan.

Buat saya, tidak ada penghargaan yang lebih tinggi daripada saat suami dan anak mencicipi masakan saya dan kemudian mereka langsung nambah nasi lagi. By the way, pengin nggak sih membuka bisnis sendiri karena hobi masak kita, Ma. Soalnya ada banyak ide peluang usaha lho, untuk kita para mama yang suka masak.

Memang kalau diingat-ingat, banyak hal yang bisa dijadikan peluang usaha dari hobi masak ini kan? Hmmm, coba kita lihat satu per satu yuk, Ma. Siapa tahu kalau dibikin list begini kan bisa jadi ‘cling!’, langsung menyalakan lampu bohlam di atas kepala kita. Lumayan kali, bisa jadi tambahan pemasukan keluarga yes?

Beberapa ide peluang usaha kekinian yang berhubungan dengan hobi masak Mama yang bisa menjadi tambahan penghasilan

 

1. Katering Diet

Di zaman modern begini, banyak banget yang sibuk bekerja dari pagi hingga malam, termasuk para mama, sampai nggak sempat memasak untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarga.

Salah satu solusi, ya biasanya lantas menggunakan jasa katering masakan. Tapi penginnya juga nggak hanya sekadar makan lalu kenyang saja. Maunya sih ya enak dan juga sehat.

Nah, ini nih, jadi peluang usaha yang bagus yang bisa dimanfaatkan oleh mama yang hobi masak.

Berbekal pengetahuan Mama soal makanan sehat yang sering diulas , Mama bisa membuka jasa katering diet.

Ya, soalnya kalau katering makanan dengan menu-menu biasa mah sudah banyak. Kita jadi kurang punya bargaining power untuk dijual dengan harga bagus. Bener nggak, Ma? Tapi kalau katering khusus untuk diet, pasti bakalan laku deh, meskipun tidak semua orang akan menjadi pelanggan.

Hari gini, siapa sih yang tidak ingin badan langsing bak Victoria Beckham tapi bisa tetep makan enak?

 

2. Bisnis Waralaba

Kalau kita membeli makanan yang dijual secara franchise atau waralaba itu kan sudah biasa ya, Ma? Nah, gimana kalau kita sekarang yang berjualan franchise-nya?

Tentu saja, untuk bisa sukses dalam bisnis waralaba ini kita harus mempunyai resep yang unik, lezat dan mudah dibuat. Meskipun, sebenarnya membuat sistem waralaba ini nggak mudah, tapi kemungkinan pendapatan yang bisa kita peroleh juga besar.

Coba lihat beberapa bisnis waralaba yang sudah ada, Ma, seperti misalnya berbagai brand fried chicken aka ayam goreng, kebab, burger, pizza dan lain-lain itu. Cari informasi dan pelajari sistem waralaba lebih jauh, nantinya yang kita jual bisa kita pilih berdasarkan harga dan juga sistem penjualannya.

Selain bisnis waralaba, ada juga peluang usaha menjadi reseller, yang nggak harus punya modal gede. Misalnya, berjualan cokelat karakter.

 

3. Katering Bento

Sebenarnya, membuka bisnis katering bento ini adalah obsesi pribadi saya nih, Ma. Ya, karena saya lihat di kota kecil tempat saya tinggal ini belum ada yang membuatnya.

Tapi apa daya, karena satu dan lain hal, sementara ini belum bisa terpegang. So, doakan saja suatu hari nanti bisa tercapai ya.

Buat Mama yang ingin mencoba peluang bisnis katering bento, bisa membuat contohnya dulu lalu foto dan share ke akun-akun media sosial Mama, ataupun komunitas-komunitas lain yang Mama ikuti. Bisa juga lho, menawarkan paket bento ini ke sesama orang tua siswa yang suka bareng-bareng nunggu njemput anak. Lumayan banget kan, Ma?

Siapa sih yang bisa menolak paket bento selucu ini? Anak-anak pun pasti mau makan dengan lahap deh, apalagi kalau dibentuk-bentuk dengan lucu.

 

4. Buka kursus memasak khusus untuk pria

Mungkin di sini belum jamak ya, ada pria yang masuk dan memasak di dapur kecuali seorang chef. Bisa jadi karena sistem patriarki yang sedemikian kuat di negara kita, or it’s just my own opinion. Hahaha.

Kalau kita melihat film asing, kadang kita lihat, nggak ada dominasi gender tentang tugas masak itu adalah tugas istri atau perempuan. Di negara barat, seorang pria memasak khususnya sebagai penghargaan terhadap istri. Pun mereka juga tidak terbebani karena memasak memang bukanlah tugas mutlak seorang perempuan. Bahkan di negara-negara barat pun sudah sering ditemui para papa rumah tangga, alias stay at home dad.

Di sini boro-boro ya. Papa kelihatan ada di rumah aja langsung digunjingin tetangga. Hahaha.

Tapi yahhh … Siapa tahu di era milenial ini, kesetaraan gender bisa semakin terwujud, hingga bisa menembus pintu dapur kita kan, Ma? Who knows?

Saya pribadi sih pengin juga dimasakin suami, terus sarapan bareng berdua gitu. Ala-ala film drama romantis yang sering kita lihat itu lho, Ma. Tapi yah, ternyata itu sebatas angan-angan saja karena suami saya bisanya hanya goreng telur mata sapi saja. Hahaha.

Mungkin tidak banyak yang mendaftar jika kita memanfaatkan peluang usaha yang satu ini untuk sementara, tapi tetep saja, kita bisa menjadi yang pertama dan menjadi pioneer kan?

 

5. Food Truck

Kita bisa juga loh mengadopsi ide peluang usaha dari negara maju seperti food truck ini lho, Ma. Masakan yang dijual dalam sebuah food truck sih bisa beragam ya, tergantung resep andalan kita.

Enaknya menggunakan food truck adalah kita bisa mobile atau bergerak bebas menjangkau pelanggan ke mana saja, dan bukan pelanggan yang mendatangi kita.

Yes, memang investasi pembuatan food truck sendiri nggak murah sih. Barangkali bisa mencapai ratusan juta, tapi kalau ada modal dan hitungan balik modal tidak tunggu waktu lama, ya why not?

Masih bilang tidak ada ide peluang usaha untuk para pehobi masak, khususnya mama-mama kayak kita? Meskipun sudah berstatus mama, soal kreativitas mesti teteup ya, Ma. Sekaligus kita harus bisa menangkap setiap peluang usaha yang ada, terutama dari hobi yang kita sukai.

Mana ada sih yang lebih menyenangkan selain mengerjakan hobi yang sekaligus bisa menambah penghasilan? Betul?

You may also like