Inilah 4 Cara Mengirim Press Release ke Media yang Perlu Diketahui

by cgcr9
Cara membuat hp android menjadi modem wifi di laptop dan pc

Masih banyak orang yang ternyata bingung untuk kirim press release ini ke media supaya bisa diterbitkan. Padahal, jika bisa mengerti dengan benar terkait cara-caranya, maka pastinya media akan lebih mudah menerimanya. Oleh sebab itu, berikut cara-cara yang tepat dalam melakukannya:

1. Susun Press Release dengan Benar

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika ingin mengirim press release ke media, yakni harus menyusunnya dengan benar terlebih dahulu. Sudah diketahui bahwa press release ini memang sebuah berita yang ditujukan sebagai penyampaian informasi kepada massa.

Oleh sebab itu, untuk penyusunannya pun perlu dibuat dengan benar agar informasi yang ada di dalamnya bisa tersampaikan secara maksimal. Dengan begitu, maka pembuat naskah harus mengetahui ciri-ciri press release yang disusun secara tepat:

  • Isi dari press release tidak terlalu panjang.
  • Muatannya mengacu pada pokok permasalahannya atau intinya saja.
  • Dapat mempertimbangkan unsur 5W + 1H yang sangat penting dalam penyampaian informasi.
  • Terdapat keterangan yang diperlukan, seperti nomor telepon, email, dan lainnya.
  • Disertai dengan ilustrasi yang mendukung akan membuat isi lebih bagus.
  • Gaya penulisan khusus ke umum.
  • Isi mengandung informasi yang benar atau sesuai dengan faktanya.

2. Cari Media Penerbitan Press Release

Dalam melakukan proses pengiriman press release ke media, tentunya pembuat harus mencari media penerbitannya juga. Dalam hal ini, orang-orang pastinya tidak akan terlalu kesulitan, karena kini di internet telah banyak yang menyediakan layanan seperti itu.

Adapun salah satu situs yang bisa membantu dalam melakukan penerbitan press release ini, ialah Siaranpers.co.id. Dengan begitu, maka nantinya situs tersebutlah yang akan mengantarkan orang-orang untuk bisa menerbitkan press release yang dibuatnya.

3. Pahami Ketentuan yang Ditetapkan oleh Media

Setelah menemukan media yang bisa melakukan penerbitan untuk press release, maka selanjutnya orang juga perlu memahami ketentuan yang telah ditetapkan. Hal tersebut dilakukan agar tingkat persentase lolosnya press release menjadi lebih tinggi.

4. Kirim Press Release ke Media melalui Email Redaksi

Jika sudah menyelesaikan dan memenuhi seluruh persyaratan yang sudah ditetapkan oleh media, maka orang-orang tentunya harus mengirimkan press release miliknya. Terkait hal itu, orang-orang bisa mengirimkannya melalui email redaksi.

Adapun untuk menemukan email tersebut, orang-orang bisa mengetahuinya di situs atau platform dari media ini. Kemudian, setelah berhasil menemukannya, maka bisa langsung mengirimkan press release dengan mengikuti tips berikut ini:

  • Isi subjek email dengan kalimat yang unik dan jelas.
  • Buat kalimat pembuka yang menarik dan sopan.
  • Sertakan konten press release dengan susunan yang baik dan benar di badan email.

Demikianlah ulasan terkait beberapa cara untuk mengirimkan press release ke media secara baik dan benar. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka kemungkinan press release akan berhasil dipublikasikan oleh media pun bisa semakin tinggi.

You may also like