Inilah 5 Tanda Aki Mobil Lemah yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Mobil

by cgcr9
Inilah 5 Tanda Aki Mobil Lemah yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Mobil

Aki mobil lemah perlu diwaspadai, sebab aki merupakan komponen penting yang ada di mobil. Namun, banyak yang menyepelekan fungsi aki pada mobil. Padahal, aki yang soak atau lemah akan membuat komponen mobil bekerja tidak optimal. Lebih parah lagi, aki mobil lemah akan membuat mobil jadi mogok. Guna mengantisipasi hal-hal yang tak dikehendaki sebaiknya kenali tanda aki mobil lemah berikut:

1. Mesin Mobil Sulit Menyala

Tanda aki mobil lemah yang pertama adalah mesin mobil sulit menyala ketika dihidupkan. Jika mesin mobil tidak menyala ketika distarter maka kemungkinan ada masalah pada aki. Hal itu terjadi sebab air aki berada di bawah minimum.

Jika air aki di bawah batas minimum maka tidak dapat mengaliri daya listrik. Kejadian ini bisa dialami oleh pengguna mobil aki kering maupun aki biasa. Biasanya, mesin mobil tidak bisa menyala karena ada guncangan yang merusak sel dalam aki.

2. Klakson Lemah dan Lampu Redup

Klakson melemah dan lampu redup bisa jadi adalah tanda bahwa aki mobil lemah. Hal ini menandakan bahwa kinerjanya tidak optimal, ini menjadi salah satu kendala dari aki mobil yang melemah. Biasanya, bunyi klakson melemah dan jadi brebet. Tidak hanya pada bunyi klakson saja, tanda aki lemah juga terjadi pada nyala lampu yang tidak lagi terang seperti biasanya. Jika sudah begini, sebaiknya cek keadaan aki di mobil.

3. Kurang Tegangan Aki

Masih belum yakin dengan dua tanda aki mobil lemah di atas, maka selanjutnya bisa dengan melakukan pengecekan pada tegangan aki. Pengecekan tegangan aki dilakukan dengan memakai load tester atau memakai cranking.

Dengan menggunakan alat tersebut bisa diketahui tegangan pada aki. Biasanya aki yang mulai melemah maka tegangannya bisa berada di bawah 10 volt. Hal ini berarti para pemilik mobil harus menggantinya dengan aki baru.

4. Tercium Bau Ketika Mesin Dinyalakan

Jika tercium adanya bau dari aki saat mesin dinyalakan, besar kemungkinan adalah pertanda bahwa aki mulai melemah. Bau ini berasal dari sel-sel pada aki mobil mulai rusak. Sehingga ketika dihidupkan akan mengeluarkan bau yang khas dari aki.

Jika sudah begini, maka sebaiknya mulai lakukan penggantian pada aki. Gantilah dengan aki yang baru agar performa mobil tetap prima dan tidak menimbulkan bau aki saat mesin mobil mulai dinyalakan.

5. Usia Aki Sudah Menua

Tanda aki mobil lemah selanjutnya terletak di usia aki. Semakin tua usia aki maka aki akan cepat melemah dan rusak. Aki mobil juga memiliki batas usia pemakaian, biasanya aki memiliki usia pemakaian sekitar dua tahun.

Saat membeli aki baru, biasanya bengkel akan memberikan tanggal pembelian dan pengecekan usia aki. Dengan demikian, tidak perlu was-was lagi jika membeli aki baru sebab usianya sudah pasti terjamin baru.

Demikianlah penjelasan mengenai tanda aki mobil lemah yang patut diketahui oleh khalayak umum. Dengan mengetahui tanda-tanda aki mobil melemah, maka seseorang bisa dengan cepat melakukan pengecekan pada aki dan menggantinya dengan aki baru. Tanda-tanda lain seputar lemahnya aki mobil bisa diketahui melalui situs mobilku yang bisa ditemukan di internet.

You may also like