Ketahui Standar Jersey Futsal Menurut FIFA Sebelum Memesannya

by cgcr9
Ketahui Standar Jersey Futsal Menurut FIFA Sebelum Memesannya

Meta desc: Memesan jersey futsal memang harus teliti bukan hanya dari segi bahan tapi juga desain dan aturan FIFA.

Jersey futsal adalah salah satu yang wajib bagi yang akan bermain futsal. Pakaian ini harus berlengan dan lengkap dengan celana pendek, kecuali untuk penjaga gawang bisa menggunakan celana panjang. Jasa Jersey printing custom yang terpercaya bisa Anda pilih untuk dapat menghasilkan jersey yang diinginkan.

Perlengkapan lain yang perlu disiapkan untuk pertandingan resmi misalnya pelindung tangan kaos kaki hingga lutut dan juga sepatu futsal. Untuk membuat jersey tentunya ada aturan tersendiri berdasarkan ketentuan dari FIFA.

Aturan Penomoran Jersey

Saat berlaga di pentas resmi seperti piala Dunia maka nomor punggung pemain hanya sampai 23 atau dapat dikatakan sama dengan jumlah yang didaftarkan untuk berkompetisi. Bukan hanya pada sepak bola, aturan tersebut juga berlaku jika bermain futsal. Dengan demikian nomor punggung bisa sampai nomor berapa pun saat latihan.

Akan tetapi tetap yang bertanding futsal dalam kompetisi resmi hanya sampai 15 sesuai dengan jumlah pemain maksimal yang boleh didaftarkan. Nomor punggung untuk jersey futsal sendiri terletak di bagian belakang. Warna nomor harus berbeda dari warna dasar dari baju tersebut.

Aturan untuk Warna Jersey

Untuk penjaga gawang tentunya menggunakan warna yang berbeda. FIFA 2020/21 sendiri tidak menentukan bahan jersey futsal yang sebaiknya digunakan. Meskipun demikian terdapat panduan resmi untuk aturan warna dari jersey ini. Berikut ini ketentuannya:

  1. Kedua tim harus menggunakan warna agar lebih mudah untuk membedakan satu sama lain.
  2. Warna jersey untuk penjaga gawang dalam futsal harus berbeda dari pemain lainnya baik untuk yang bertugas di lapangan dan official pertandingan.
  3. Jika kedua kiper menggunakan jersey dengan warna yang sama dan tidak dapat diganti maka pertandingan bisa tetap dimulai.
  4. Pemain mengenakan kaos dalam yang warnanya sesuai dengan lengan utama pada lengan. Celana bagian dalam tidak boleh lebih panjang dari celana pendek yang digunakan.

Aturan Pelengkap untuk Jersey Futsal

Aturan lain yang harus Anda pahami misalnya penggunaan rompi pemain cadangan yang harus berbeda dari warna rompi yang digunakan pemain di lapangan ataupun rompi cadangan tim lawan. Sementara aturan untuk atribut lengkap yang digunakan seperti headband adalah sebagai berikut:

– Warna utama sama dengan jersey atau berwarna hitam.

– Headband yang digunakan masih relevan untuk kebutuhan pertandingan.

– Atribut lengkap tidak menyatu dengan jersey

– Tidak berbahaya bagi yang memakai atau pemain lainnya

Jika persyaratan-persyaratan tersebut sudah sesuai dan terpenuhi maka Anda bisa menyesuaikan dengan jasa Jersey printing custom yang Anda pilih. Anda pun siap berlaga di pertandingan resmi bahkan futsal internasional.

Berbagai desain yang menarik berada di pasaran dan sangat variatif mulai dari yang sederhana hingga yang benar-benar stylish. Meskipun memiliki keinginan namun untuk pertandingan resmi maka sebaiknya memahami aturan baku yang telah ditetapkan oleh FIFA.

Selanjutnya dalam memilih jasa untuk desain dan pembuatan jersey tentunya harus benar-benar memilih yang berpengalaman. Dan jangan lupa untuk mengingatkan kembali standar ketentuan jersey futsal agar sesuai dan nyaman digunakan. Jasa yang terpercaya tentunya akan benar-benar teliti memperhatikan dari segi bahan, desain dan hal lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai aturan FIFA untuk jersey yang digunakan pemain saat pertandingan resmi. Jersey printing custom yang terpercaya dan profesional bisa Anda pilih jika memesan lebih dari satu atau untuk 1 tim. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda dan bermanfaat.

You may also like