Mengetahui Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel Referensi Tertentu

by cgcr9
Mengetahui Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel Referensi Tertentu (cmitsolutions.com)

Rumus Excel mengambil data dari tabel dapat anda lakukan dengan menggunakan fungsi VLOOKUP serta fungsi HLOOKUP. Cara memasukkan data pada Microsoft Excel ini tentunya tidak manual. Akan tetapi, dapat anda lakukan dengan otomatis agar pekerjaan anda lebih efektif. Kedua fungsi Excel ini telah ada sejak MS Excel versi awal hingga Excel versi teranyar.

Mengenal Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel

Pada dasarnya rumus Excel HLOOKUP serta rumus Excel VLOOKUP kerap digunakan untuk mempermudah pengerjaan menggunakan Microsoft Excel. Terutama pada pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan data dan mengacu pada data-data lainnya.

Sama seperti namanya VLOOKUP merupakan singkatan dari vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal. Selain itu, pada MS Excel juga tersedia fungsi khusus yang dapat anda gunakan untuk mencari data secara horizontal, yakni HLOOKUP atau horizontal lookup. Bila anda masih merasa kebingungan mengenai kedua fungsi ini serta cara menggunakannya, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi Excel VLOOKUP

Pada fungsi VLOOKUP ini dimanfaatkan untuk mencari atau mengambil data dari kolom tertentu dalam sebuah tabel. Fungsi ini mendukung pencocokan serta perkiraan yang tepat, kemudian wildcard (*?) untuk kecocokan sebagian.

Huruf “V” pada rumus Excel mengambil data dari tabel ini merupakan singkatan dari “vertical”.  Yang berupa bentuk tabel referensi yang difungsikan berbentuk vertikal atau berdiri. Sementara nilai lookup harus muncul pada kolom pertama dari data tabel itu sendiri dengan kolom lookup ke bagian arah kanan.

Tujuan dari fungsi Excel VLOOKUP adalah mencari nilai pada dalam tabel dengan menyamakan kolom pertama. Yang kemudian mengambil nilai dari sel manapun pada baris yang sama dalam tabel data tersebut.

Cara menggunakan atau penulisan dari fungsi ini dengan syntax =VLOOKUP(value,table.col_index.[range_lookup]). Untuk keterangan value merupakan nilai yang anda ingin cari pada kolom pertama di dalam tabel.

Sementara table adalah tabel dari nilai yang ingin diambil, kemudian col_index merupakan kolom pada tabel dari nilai. Lalu range-lookup merupakan pilihan, berisikan TRUE yakni approximate match (default) atau FALSE yaitu extract match.

Fungsi Excel HLOOKUP

Bila rumus VLOOKUP untuk mencari data dari kolom dalam tabel. Maka fungsi Excel HLOOKUP merupakan rumus untuk mencari serta mencari data dari baris tertentu di dalam sebuah tabel.

Untuk huruf “H” pada rumus Excel mengambil data dari tabel dengan fungsi HLOOKUP merupakan singkatan dari “horizontal”. Yang mana nilai-nilai lookup akan muncul pada baris pertama tabel data tersebut dengan berpindah secara mendatar ke kanan.

Sama seperti fungsi Excel VLOOKUP, HLOOKUP juga mendukung perkiraan serta pencocokan yang sama dan wildcard (*?) untuk mendapat sebagian sama pula. Yang membedakan keduanya adalah VLOOKUP untuk mencari value secara vertikal, sementara HLOOKUP untuk mencari value secara horizontal.

Penulisan dari rumus Excel HLOOKUP adalah =HLOOKUP(value,table,row_index,[range_lookup]). Pada tulisan value berarti nilai lookup, kemudian table berisikan tabel untuk mengisi data. Sementara row_index merupakan jumlah baris yang akan anda ambil datanya. Lalu range_lookup merupakan pilihan Boolean untuk menyatakan benar-benar sama atau kira-kira sama dengan default TRUE (Approximate match).

HLOOKUP ini digunakan untuk mencari hasil pada baris pertama dalam tabel, sehingga pada kolom yang sama akan mengambil data dari baris tertentu. Anda bisa menggunakan VLOOKUP ketika lookup yang ditempatkan berada pada kolom pertama dari tabel data tersebut.

Demikian rumus Excel mengambil data dari tabel beserta HLOOKUP. Dengan mengetahui cara menggunakan keduanya, akan semakin mempermudah anda dalam mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan pengambilan data pada tabel tertentu.

 

You may also like