Penerapan Omnichannel Marketing dan Bagaimana Mengoptimalkan Strategi Ini

by cgcr9
Penerapan Omnichannel Marketing dan Bagaimana Mengoptimalkan Strategi Ini

Omnichannel marketing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan beberapa saluran digital untuk memasarkan produk atau layanan.

Penerapan omnichannel marketing sangat luas dengan cara yang berbeda dan tujuan yang berbeda pula.

Misalnya, jika perusahaan memiliki situs web dan akun sosial media, seorang omnichannel marketer harus fokus pada pembuatan konten dan pendistribusian ke semua saluran sosial media yang dimiliki dengan konsistensi di semua platform.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Pendekatan Omnichannel?

Di era digital seperti sekarang ini, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan harus fokus untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan berpusat pada pelanggan di situs web, maupun sosial media yang mereka miliki.

Prinsip dasar omnichannel adalah tentang memberikan pengalaman pelanggan yang lancar dan konsisten, di mana pun pelanggan berinteraksi dengan produk atau layanan anda.

Ini tentang bagaimana branda anda hadir di semua saluran marketing yang anda gunakan untuk membuat pelanggan tetap bersentuhan dan merasa terhubung dengan brand anda.

Untuk menciptakan pengalaman omnichannel yang sesuai tujuan bisnis yang anda rancang anda harus melakukan Langkah-langkah sebagai berikut;

  • Hadir di seluruh perjalanan pelanggan, tidak hanya di satu atau dua saluran.
  • Kembangkan pesan brand yang konsisten di seluruh saluran seperti media sosial, website dan email.
  • Tawarkan satu titik kontak untuk pelanggan anda.

Apa Manfaat Omnichannel?

Banyak manfaat yang akan anda dapatkan dengan menerapkan pendekatan omnichannel ke dalam system marketing yang anda lakukan. Beberapa manfaat yang di dapatkan meliputi:

  • Mengurangi biaya dalam aktivitas penjualan dan pemasaran

Dengan pendekatan omnichannel, perusahaan Anda dapat menghilangkan kebutuhan akan duplikasi kampanye yang mahal dan meningkatkan efisiensi pemasaran.

  • Tingkat Konversi Penjualan Akan Meningkat

Anda dapat meningkatkan tingkat konversi penjualan secara keseluruhan sebesar 28% dengan omnichannel. Banyak perusahaan sudah menyadari hal ini dan telah beralih dari saluran offline ke online.

  • Meningkatkan Customer Experience

Dengan adanya omnichannel, Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menawarkan lebih banyak variasi produk dan layanan di berbagai saluran.

  • Meningkatkan Efektivitas Pemasaran

Multisaluran dapat meningkatkan efektivitas pemasaran anda dengan melakukan tugas seperti pemasaran lintas saluran, analisis pemasaran, dan segmentasi pelanggan.

Masa Depan Omnichannel di Industri E-Commerce

Industri retailer adalah perusahaan yang memiliki kehadiran online serta toko fisik. Mereka dapat menawarkan produk mereka di pasar online, tetapi juga di pasar offline.

Hal ini memungkinkan mereka untuk memiliki proses yang lebih efisien bagi pelanggan yang ingin berbelanja baik online maupun offline.

Masa depan para retailer bukan hanya tentang mampu menjual produk anda di dua pasar yang berbeda, tetapi juga mampu memberikan layanan pelanggan dalam skala besar dan memastikan bahwa mereka selalu tersedia untuk pelanggan mereka.

Itulah mengapa retailer memanfaatkan teknologi terbaru untuk menciptakan pengalaman yang mulus bagi pelanggan mereka.

Produsen dan distributor private label sering menggunakan omni-retailer sebagai saluran distribusi mereka untuk menjangkau pasar konsumen yang lebih luas.

Produk bermerek pribadi biasanya mencakup merek unik, logo, kemasan, dan banyak lagi yang tidak tersedia di luar merek label pribadi produsen atau distributor.

Tantangan OmniChannel Di Masa Depan

Tantangan dalam menerapkan strategi Omnichannel adalah hal yang umum dialami setiap perusahaan di setiap industri.

Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa sekarang sangat banyak saluran dan setiap harinya pelanggan mendapatkan bermacam-macam penawaran produk.

Hal ini menimbulkan tantangan tersendiri bagi pemilik brand, tentang bagaimana perusahaan harus mengelola konten mereka di berbagai platform. Solusi dari problem ini adalah dengan menggunakan omnichannel software yang bisa diandalkan.

Kami merekomendasikan omnibotika sebuah omnichannel software yang di buat oleh Botika Technology. Omnibotika sudah mendapat pengakuan internasional dengan meraih medali perunggu pada ASEAN ICT Awards 2021.

Kelengkapan fitur dan juga kemudahan penggunaan membuat omnibotika disukai oleh banyak perusahaan yang sudah lebih dulu menerapkan strategi omnichannel dalam kampanye marketingnya.

Untuk lebih jelasnya anda bisa membcanya disini: https://blog.botika.online/omnichannel/

 

You may also like