Penyebab Alat Bantu Dengar Tidak Berfungsi, Cari Tahu Yuk!

by cgcr9
Penyebab Alat Bantu Dengar Tidak Berfungsi, Cari Tahu Yuk!

Bagi seseorang yang menderita tuli separuh masih bisa dibantu dengan alat bantu pendengaran. Dengan begitu, penderita tersebut masih bisa mendengarkan suara-suara yang ada disekelilingnya. Namun tentu saja yang namanya alat, ada kalanya tidak berfungsi. Ada banyak penyebab alat bantu dengar tidak berfungsi seperti berikut ini:

1. Salah Dalam Merawat Alat Bantu Dengar

Kerusakan yang sering terjadi pada alat bantu dengar yaitu adanya kesalahan pada saat merawat alat bantu dengar. Bahkan ada juga yang tidak pernah merawat alat bantu dengar ini. Itulah mengapa hal ini menjadi penyebab alat bantu dengar tidak berfungsi dengan baik. Kesalahan pada merawat bisa beraneka ragam.

Biasanya sifat keteledoran si penderita bisa membuat alat bantu dengar itu rusak. Misalnya, pada saat menaruh alat tersebut yang dekat dengan air. Sehingga alat tersebut terkena cipratan air dan air tersebut masuk ke bagian elektronik dari alat ini. Akhirnya karena kemasukan air itulah alat tersebut menjadi rusak.

Bisa juga karena alat bantu dengar pernah terjatuh dan terbentur dengan keras. Akhirnya membuat alat tersebut retak. Hal ini tentu memberi efek pada bagian komponen dalamnya yang juga mengalami kerusakan. Maka dari itu, perawatan alat bantu dengar memang harus dilakukan secara berkala.

2. Setting Alat Bantu Dengar Tidak Tepat

Hal yang sering membuat alat bantu dengar tidak berfungsi juga bisa dikarenakan adanya kesalahan pada saat men-setting alat tersebut. Kesalahan setting bisa berupa pengaturan volume suara yang terlalu keras atau terlalu rendah. Maka dari itu, pada saat memasang alat bantu dengar ini, pastikan harus disesuaikan terutama saat pengujian oleh dokter.

3. Gangguan Pendengaran Semakin Memburuk

Salah satu alat yang sering dipakai bagi penderita tuli separuh yaitu alat bantu dengar. Dengan memakai alat ini, penderita bisa mengenali berbagai suara. Namun alat ini juga memiliki batasannya. Banyak penderita yang mengira bahwa alat bantu dengar yang dipakainya sering tidak berfungsi dengan baik.

Namun nyatanya penyebab dari alat bantu dengar tidak berfungsi juga bisa karena faktor internal dari pengguna. Penyebabnya yaitu telinga penderita yang semakin memburuk dalam pendengarannya. Maka dari itu, konsultasilah dengan dokter atau ke Aqm-hearingcenter.com untuk bertanya-tanya masalah pendengaran dan alat bantu dengar.

4. Bentuk Saluran Telinga Mengalami Perubahan

Kondisi penderita tuli separuh bisa muncul karena kelainan sejak bayi. Maka dari itu, bayi juga bisa dipasang alat bantu dengar. Namun, pada saat beranjak ke fase anak-anak maupun remaja, kondisi bentuk saluran telinganya tentu akan mengalami perubahan. Perubahan inilah yang akhirnya memaksa penderita untuk mengganti alatnya.

Karena alat yang dipakai pada saat bayi atau anak-anak, belum tentu sesuai dengan kondisinya pada saat remaja. Jika dipaksakan tentu alat tersebut tidak bisa digunakan. Penggantian alat bantu dengar perlu dilakukan.

5. Butuh Alat atau Cara Lain Selain Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar bisa tidak berfungsi jika penderita memerlukan alat selainnya. Alat lain yang biasa dibutuhkan yaitu alat sistem FM. Apabila penderita berada di tempat yang ramai dan bising seperti di konser, bisa memakai sistem FM ini agar meminimalisir kebisingan tersebut.

Demikian 5 penyebab alat bantu dengar tidak berfungsi. Pemeriksaan yang rutin pada telinga maupun pada alat bantu dengar bisa menjadi solusi yang tepat. Agar alat bantu tersebut sesuai dengan kondisi terkini bagi penderita.

You may also like