Saat Mendidik Anak, 3 Hal Penting Ini Jangan Sampai Lupa Mama Ajarkan!

by cgcr9
3 Hal penting ini tidak boleh luput dalam mendidik anak

Mendidik anak memang nggak hanya sehari saja kelar urusan, tapi membutuhkan waktu dan proses.

Orang tua mana sih yang nggak pengin kasih hal-hal terbaik dalam mendidik anak?

Mulai ia kecil, Mama berupaya memberikan apapun untuk mereka. Mulai dari pakaian, susu, mainan, peralatan sekolah, media pembelajaran, institusi hingga lingkungan fisik dan lingkungan sosial terbaik bagi anak telah dipersembahkan.

Selain sukses pada karir (baik karir di perusahaan, bisnis, atau pun karir sebagai stay-at-home Mom) Mama juga harus sukses menjadi edukator bagi sang buah hati. Daftar les musik sudah, daftar bimbingan belajar pun sudah, daftar ekstrakurikuler untuk anak sudah juga.

Namun, ada 3 hal yang sering luput dari perhatian para Mama dalam mendidik anak.

3 Hal penting ini tidak boleh luput dalam mendidik anak

 

1. Nasionalisme

Berbicara tentang nasionalisme, tidak usah memikirkan terlalu jauh, Ma.

Bukan berarti anak Mama harus ikut bela negara dengan jadi anggota TNI atau pun pahlawan yang perang fisik dengan musuh alias kolonialisme pada era pra-kemerdekaan.

Nasionalisme yang dimaksud di sini kenalkan sekilas tentang negara dan sejarahnya. Jangan sampai di umur 20 tahun, anak Mama belum hafal Pancasila. Hiii, malu!

Sudah diulang-ulang selama upacara saat masa sekolah masih belum hafal juga. Lambang negara, bendera, presiden pertama hingga ketujuh, dan tokoh nasional lain dari Bumi Pertiwi.

Selain itu, hal terkecil dan termudah yang dapat Mama lakukan yakni mengajarkan lagu anak nasional pada anak. Kalau biasanya Mama bersenandung twinkle twinkle little star pada buah hati sebelum ia tidur siang dan tidur malam, coba sekarang senandungkan “pada hari Minggu ku turut Ayah ke kota…”.

Tak berhenti sampai di situ, beri tahu mereka delman seperti apa dan bahkan jika memungkinkan ajak naik delman! 10 tahun lalu tukang delman masih lewat komplek rumah saya, lho! Antusiasme anak-anak juga tinggi ketika mendengar suara sepatu kuda di sore hari.

 

2. Moral

Mendidik anak untuk menjadi seorang yang cerdas dan berperilaku baik pastinya sudah Mama lakukan.

Lebih dari itu, soal moral adalah bagaimana Mama mendidik agar anak tidak hanya tahu dan paham, namun mengamalkan ilmu tersebut pada dirinya sendiri dan terlebih lagi pada orang lain.

Ajarkan hal-hal moral dasar untuk mereka seperti mengucapkan terima kasih, permisi, minta izin sebelum memakai barang milik orang lain. Jika tidak diajarkan maka mereka pun tidak akan tahu.

Mendidik anak memang mesti dimulai dari hal yang dasar, kita nggak ingin bukan anak-anak kelak tumbuh besar tapi suka memakai barang orang lain tanpa izin? Jika dibiarkan hal tersebut terus menerus, tidak menutup kemungkinan besar nanti akan menjadi koruptor.

Hal-hal yang nggak baik untuk dilakukan tapi kita nggak pernah ajarkan menjadi ‘legal’ bagi mereka.

 

3. Norma

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Yap, setuju banget sama pepatah itu. Pasti, sebagai Mama yang teladan, Mama telah mengajarkan anak tentang norma yang berlaku di Indonesia.

Nah, maksud saya kali ini lebih spesifik. Norma atau adat di berbagai daerah tentu berbeda. Memang, kita ini satu NKRI, namun akan lebih etis jika berkunjung ke daerah tertentu dan menyesuaikan dengan norma yang berlaku di daerah tersebut.

Misalkan anak remaja Mama berkunjung ke Aceh, entah untuk mengunjungi kerabat atau ada keperluan akademik. Sebaiknya gunakan baju tertutup dan penutup kepala ketika memasuki tempat-tempat tertentu. Hal tersebut sangat dijunjung di tanah Aceh yang juga Serambi

Saya yakin kalau kitatelah, sedang, dan akan terus memberikan pendidikan dan perawatan terbaik untuk buah hati. Namun, hal ini sekadar untuk pengingat kalau Mama jangan terlalu fokus pada pendidikan akademik anak dan melupakan mendidik anak dengan 3 hal tersebut.

Selain jadi Mama dan istri yang baik, dengan melakukan 3 hal di atas Mama juga dapat menjadi warga negara yang baik karena menghasilkan generasi yang unggul.

So, terus upgrade diri dalam mendidik anak ya, Ma. Goodluck!

You may also like