Syarat Melamar Pekerjaan yang Harus Ada dan Dipersiapkan

by cgcr9
Syarat Melamar Pekerjaan yang Harus Ada dan Dipersiapkan

Ketika seseorang lulus dari pendidikan formal, kebanyakan hal pertama yang dilakukan adalah mencari pekerjaan. Sebelum melakukan hal itu, tentu harus mempersiapkan berkas-berkas administrasi agar dapat diterima bekerja. Syarat melamar pekerjaan di setiap instansi atau perusahaan tentu berbeda. Namun ada beberapa syarat yang umum dibutuhkan dan penting untuk disiapkan:

Apa Saja Berkas yang Harus Dipersiapkan Saat Melamar Pekerjaan?

Berkas administrasi yang diberikan ke pihak instansi atau perusahaan menjadi data penting untuk melihat skill dan passion seseorang dalam bekerja. Maka harus dipersiapkan dengan baik dan lengkap untuk memperbesar peluang diterima. Apa saja syarat melamar pekerjaan yang paling penting dan umum dibutuhkan? Simak ulasannya berikut ini:

1. Surat Lamaran

Surat Lamaran Kerja hukumnya wajib ada dan hal pertama yang harus disiapkan ketika hendak melamar pekerjaan. Hal ini dapat dikatakan sebagai bentuk permintaan secara formal dari pelamar untuk pihak instansi tempat bekerja atau perusahaan. Membuatnya cukup satu lembar dengan isi surat yang rinci namun padat, dan menyampaikan dengan beretika. Banyak contoh surat lamaran kerja yang dapat dijadikan referensi.

2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Syarat yang umum dibutuhkan selanjutnya adalah KTP. Hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pelamar merupakan asli warga negara Indonesia, dan riwayat hidup yang dituliskan sesuai dengan data di KTP. Untuk mempersiapkan syarat satu ini pelamar tidak perlu menyerahkan KTP aslinya, tetapi cukup memfotokopi saja satu atau dua lembar.

3. Foto Terbaru

Pihak perusahaan umumnya akan meminta pas foto terbaru pelamar sebagai kelengkapan yang lebih akurat dari surat lamaran kerja. Pelamar disarankan membuat foto tersebut dengan memakai pakaian yang sopan dan formal. Ukuran foto dapat disesuaikan dengan permintaan perusahaan, biasanya antara 3×4 atau 4×6.

4. Curriculum Vitae / Riwayat Hidup

Curriculum vitae ditulis di lembar yang berbeda dari surat lamaran kerja. Daftar riwayat hidup ini meliputi informasi pelamar tentang nama lengkap/asli, alamat, tanggal lahir, status pendidikan terakhir, riwayat pendidikan formal atau non formal, pengalaman pekerjaan, passion yang dimiliki, dll. Tulislah semua informasi yang menunjang kapasitas diri agar diterima bekerja.

5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK lebih dikenal dengan sebutan surat kelakuan baik. Surat ini umumnya disyaratkan ketika melamar kerja untuk memastikan pelamar bukanlah seorang yang terlibat tindak kriminalitas atau seorang penjahat. Untuk mendapatkannya pelamar bisa membuatnya di kantor polisi/polsek setempat.

6. Fotokopi Ijazah Terakhir

Ijazah dibutuhkan untuk memastikan bahwa pelamar benar-benar sudah menempuh pendidikan formal terakhirnya dengan lulus sesuai yang dituliskannya pada daftar riwayat hidup. Sebelum menyerahkan sebagai syarat melamar pekerjaan, pastikan ijazah sudah dilegalisir terlebih dahulu.

Demikian ulasan tentang apa saja syarat melamar pekerjaan yang paling sering dibutuhkan. Agar memperbesar peluang diterima bekerja, pelamar bisa menyertakan juga beberapa sertifikat pendukung seperti pernah mengikuti pelatihan atau seminar, pernah memenangkan lomba, atau sertifikat mendapatkan gelar tertentu.

You may also like