Tak Hanya Wangi, Yuk Intip Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan

by cgcr9
Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan

Kecil, cantik, wangi, itulah yang menjadi ciri khas dari Melati. Selama ini, mungkin kita lebih mengenal bunga ini untuk tabur bunga di pemakaman. Warna putihnya seakan melambangkan harapan ahli waris terhadap keluarga yang telah pergi.

Di Indonesia sendiri, bunga Melati menjadi tanaman yang cukup terkenal.Namun tahukah kamu, bahwa manfaat bunga Melati nyatanya dapat digunakan untuk kesehatan ?

Khasiat Si Wangi Melati untuk Kesehatan

  1. Baik untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Siapa yang menyangka jika bunga mungil ini, sangat baik untuk kelembaban kulit . Seperti dilansir  harapanrakyat.com,  melati memiliki sifat antioksidan, dan zat aktif yang dibutuhkan oleh kulit. Dengan beberapa zat yang terkandung dalam Melati ini, dapat melembabkan kulit. Dengan mengoleskan minyak melati pada wajah, membuat kulit wajah kita dapat menjadi lebih sehat dan segar.

Tidak hanya melembabkan, kandungan antioksidan pada Melati pun sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas. Tentunya dengan mengurangi radikal bebas dalam kulit, dapat menekan potensi penuaan dini. Zat aktif dalam Melati, mampu membuat kulit menjadi lebih kencang.

Kandungan zat kimia dalam melati pun, bisa digunakan untuk menguatkan rambut. Jika kamu memiliki masalah rambut rontok, gunakan saja bunga ini. Melati dapat mengobati dan menghindari kebotakan maupun kerontokan pada rambut. Teteskan saja rebusan Melati, atau oleskan rebusannya pada beberapa tempat di kulit kepala.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Tidak hanya baik untuk kulit, manfaat bunga Melati pun baik untuk sirkulasi darah kita. Kandungan kimia yang terkandung dalam Melati, dapat menghangatkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Kamu bisa menyeduh teh dengan menambahkan Melati, atau menggosokkan minyak Melati pada tubuh.

Teh Melati pun sangat baik untuk membakar lemak, tak heran jika banyak yang menggunakan Melati dalam progrem diet mereka. Melati kaya dengan kandungan antioksidan dan Epigallocatechin Gallate, yaitu sebuah kandungan yang daat membakar lemak sehingga menurunkan berat badan.

  1. Menangkal Kanker dan Kolesterol

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, dengan meminum teh Melati. Melati yang memiliki kandungan zat aktif, juga bersifat anti-karsinogenik serta anti-virus. Kedua sifat ini, sangat berguna untuk menangkal penyakit akibat virus dan menekan risiko kanker. Selain teh melati, kamu juga dapat meminum ekstrak Melati untuk hasil yang lebih optimal.

Dilansir dari harapanrakat, kamu juga dapat menambahkan madu kepada teh Melati untuk manfaat yang lebih baik lagi. Campuran madu dan teh Melati, dapat menyeimbangkan serta mengontrol kolesterol dan gula darah di dalam tubuh. Jika kamu ingin menjaga gula darah dan kolesterol, maka minumlah kedua bahan ini secara teratur.

  1. Menangkal Setress

Apa yang pertama kali kamu rasakan, ketika berdekatan dengan Melati ? Sudah pasti aroma  yang khas, akan langsung menggelitik indra penciumanmu. Wangi yang dikeluarkan oleh Melati ini, nyatanya memiliki khasiat yang cukup baik. Manfaat bunga Melati dilihat dari harumnya adalah, dapat memberikan efek nyaman dan menenangkan.

Wangi Melati ini dapat digunakan sebagai aroma terapi, sehingga mengurangi tingkat setress. Tidak hanya itu saja, wewangian melati juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sebelum tidur, hendaknya anda untuk meminum secangkir teh Melati agar semakin nyenyak. Apalagi teh Melati juga dapat mengatasi sesak nafas, dan memberikan rasa hangat.

  1. Mengatasi Demam dan Sakit Mata

Satu lagi manfaat bunga melati, yaitu dapat mengatasi sakit mata higga demam. Nutrisi serta kandungan minyak atrisi yang terdapat pada Melati, dapat meredakan demam sekaligus sakit kepala. Tumbuk saja segenggam Melati, dan tempelkan di dahi untuk menurunkan panas dalam tubuh.

Selain meredakan panas, nyatanya Melati juga dapat meredakan sakit mata. Melati dapat mengatasi, serta mengobati berbagai jenis sakit mata seperti mata merah hingga iritasi. Untuk mengobati penyakit mata, caranya cukup sama seperti mengobati demam. Tumbuk segenggam Melati, dan tempelkan pada kelopak mata sambil memejam untuk beberapa saat.

Bagi warga Indonesia, tentu telah mengenal bunga kecil dan wangi ini. Bunga yang memiliki wangi khas ini, nyatanya membawa begitu banyak khasiat didalamnya. Mulai dari wanginya, hingga ekstrak Melati dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan hingga penyakit cukup berat. Dengan mengonsumsi teh Melati secara rutin, tentu kesehatan tubuh pun menjadi lebih terjaga.

 

You may also like