Tips Jitu Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas Agar Nilai Baik

by cgcr9
Tips Jitu Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas Agar Nilai Baik

Tahun ajaran 2019/2020 segera berakhir, artinya anda akan menghadapi ujian kenaikan kelas. Meskipun sedang menjalani program belajar dari rumah, tentunya bukan menjadi alasan untuk kendur dalam proses belajar bukan?!

Naik kelas dengan nilai yang memuaskan tentu menjadi hal yang membanggakan bagi seluruh pelajar. Untuk mendapatkan nilai yang baik, tentunya bukan perkara yang mudah. Oleh karena itu, kami di sini akan memberikan tips dan trik menghadapi ujian kenaikan kelas agar mendapatkan nilai yang baik. Simak ulasannya berikut ini ya!

Tips Mendapatkan Nilai Baik

Membuat Rangkuman

Untuk mendapatkan nilai yang baik tentunya anda harus paham materi yang akan diujian bukan?! Tips untuk memahami materi di luar kepala adalah dengan merangkum pelajaran dalam poin-poin utama yang penting.

Alih-alih menghhafal, lakukan penalaran dari masing-masing poin agar materi mudah dipahami. Anda dapat merangkum materi dari buku paket, LKS, ataupun sumber referensi lain.

Hindari Sistem Kebut Semalam

Bagi pelajar atau mahasiswa SKS atau sistem kebut semalam ini tentu bukan hal yang asing lagi. Rasa malas dan menyepelekan ujian menjadi faktor utama mengapa banyak pelajar yang menggunakan metode ini untuk belajar.

Karena waktu belajar yang terburu-buru dengan materi yang seadanya, tentu materi yang dterima juga seadanya. Alhasil nilai ujian pun anjlok. Tentu anda tidak mau bukan?! Oleh karena itu, hindari sistem kebut semalam dalam proses belajar ya!

Cari Referensi Lain

Sebagai seorang pelajar, anda pasti pernah merasa bahwa soal ujian jauh lebih sulit daripada materi yang diterangkan di kelas atau di buku, hehe.

Hal ini tentu harus membuat anda memutar otak agar tak mudah tertipu dengan soal menjebak yang dibuat oleh guru. Satu tips ampuh yaitu dengan mencari sumber referensi lain. Apa contohnya? Edmodo.id misalnya.

Berisi berbagai kumpulan materi dan soal-soal dari berbagai pelajaran, media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif sumber pembelajaran yang cukup efektif.

Selain itu, berbeda dengan aplikasi pembelajaran yang lain yang mematok tarif, aplikasi ini bebas biaya alias gratis.

Nah, jadi tunggu apalagi segera ambil buku atau buka hp anda dan belajar dengan giat. Naik kelas dengan nilai yang baik tentu menjadi hal yang membanggakan dan memerlukan usaha bukan?! Jadi, semangat dalam belajar ya!

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih!

 

You may also like