Tips Memilih Tempat yang Cocok untuk Berjualan Makanan dengan Situs tempat-usaha.com

by cgcr9
Tips Memilih Tempat yang Cocok untuk Berjualan Makanan dengan Situs tempat-usaha.com

Tempat usaha menjadi salah satu aspek pemasaran yang penting. Karena tempat usaha yang strategis bisa membuat bisnis berjalan lebih baik. Terutama untuk bisnis makanan, harus berada di tempat yang strategis agar ramai pengunjung yang datang untuk makan. Berikut ini adalah tips memilih tempat yang cocok untuk berjualan makanan:

1. Pilih Tempat yang Ramai dan Mudah Dijangkau

Ramai tentunya menjadi tempat yang cocok untuk berjualan makanan. Hal ini dikarenakan tempat yang ramai biasanya mudah dijangkau oleh banyak orang. Jika sebuah tempat makan berada di tempat yang ramai dan mudah dijangkau, besar kemungkinannya akan banyak dikunjungi pembeli.

Contoh tempat yang ramai adalah tempat yang berada di pinggir jalan. Tempat yang ada di pinggir jalan juga sangat mudah dijangkau oleh banyak orang. Selain di pinggir jalan, mall juga merupakan tempat yang ramai dan mudah dijangkau. Tapi tempat yang ramai dan mudah dijangkau ini biasanya memiliki biaya sewa yang cukup tinggi.

2. Cari Tempat yang Sesuai dengan Target Konsumen

Saat mulai berbisnis, harus menentukan produk yang sudah disesuaikan dengan target konsumen. Jika sudah menentukan produk serta target konsumen, maka harus menentukan juga tempat yang akan dikunjungi oleh target konsumen tersebut. Misalnya ingin menjual snack ringan untuk anak sekolah, maka lokasi yang sesuai adalah yang berada di dekat sekolah.

Contoh lainnya adalah misalnya ingin menjual catering makanan, maka lokasi yang sesuai adalah daerah di perkantoran dan kost. Karena target konsumen untuk catering makanan adalah pegawai kantor dan anak kost. Jadi untuk menentukan tempat berjualan, harus disesuaikan juga dengan lokasi target konsumen produk.

3. Pilih Tempat yang ada Parkiran

Indonesia menjadi salah satu tempat yang penduduknya banyak menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil. Ditambah lagi terkadang remaja Indonesia memiliki kebiasaan untuk nongkrong di tempat makan. Jadi sebaiknya tempat makan memiliki tempat parkiran yang cukup luas.

Tempat makan yang memiliki parkiran yang luas tentu akan lebih digemari oleh pengujung. Karena tidak sedikit orang yang membatalkan niatnya untuk berkunjung ke tempat makan karena tidak ada parkiran atau tempat parkir yang sempit. Jadi para pengunjung yang membawa kendaraan tidak perlu repot lagi mencari tempat parkir yang jauh.

4. Cari Tempat yang Bersih

Makanan adalah sesuatu yang akan dikonsumsi, sehingga kebersihan menjadi hal yang terpenting untuk makanan. Oleh karena itu tempat makan yang bagus dan banyak digemari oleh orang adalah tempat yang bersih. Pengunjung bisa menilai dari lingkungan sekitar seperti sampah yang selalu dibersihkan dan tidak berbau.

Bagi konsumen yang ingin makan, tentu kebersihan akan menjadi faktor yang harus diperhatikan. Beberapa pembeli tentu akan mengurungkan niatnya untuk berkunjung jika tempat makan tidak bersih dan juga bau. Oleh karena itu harus memilih lokasi yang bersih dan selalu jaga kebersihan tempat.

5. Perhatikan Lokasi Kompetitor

Tips yang terakhir adalah perhatikan lokasi kompetitor. Dalam berbisnis harus juga memperhatikan kompetitor yang memiliki jenis bisnis yang serupa. Dengan selalu memperhatikan kompetitor, bisa melakukan perubahan dan inovasi baru yang berbeda dengan kompetitor sehingga bisa lebih unggul.

Tempat berjualan kompetitor juga harus selalu diperhatikan. Sebaiknya jangan membuka bisnis makanan dekat dengan kompetitor. Karena jika berdekatan dengan kompetitor harus bersaing secara langsung. Tapi selalu perhatikan untuk menciptakan inovasi baru dan berbeda dari kompetitor akan tetap bisa bersaing.

Itulah 5 tips memilih tempat yang cocok untuk berjualan makanan. Selain itu harus memperhatikan juga tempat yang sesuai dengan budget yang ada. Jika ingin memilih tempat berjualan, bisa melalui situs tempat-usaha.com. Carilah tempat yang strategis sesuai tips diatas dan sesuai dengan budget yang ada.