Tips Sebelum Sewa Rumah Yang Perlu Di Perhatikan

by cgcr9
Tips Sebelum Sewa Rumah Yang Perlu Di Perhatikan

Banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa rumah jika dibandingkan dengan harus membeli. Faktor yang melatarbelakangi pun beragam, mulai dari anggaran dana yang belum memadai jika harus membeli rumah. Selain itu, mungkin hanya sekedar butuh rumah di sekitar tempat kerja atau sekolah atau lainnya. Tetapi untuk berjaga-jaga sebaiknya ketahui terlebih dulu tips sebelum sewa rumah supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Pada masa sekarang ini, bisnis sewa rumah memang terbilang menggiurkan, sehingga transaksi penyewaan juga ikut tinggi pula. Hal ini terjadi di kebanyakan kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya. Untuk itu dalam artikel kali ini akan membahas tentang beberapa tips yang dapat dilakukan ketika hendak melakukan transaksi sewa rumah.

1. Perhatikan Identitas Kedua Pihak

Sebelum melakukan transaksi sewa menyewa rumah, sebaiknya kedua belah pihak saling memberikan identitas masing-masing. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan juga data identitas tersebut asli, pasalnya jika data tersebut di manipulasi dapat dilakukan gugatan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Identitas tersebut dapat berupa nama lengkap, umur, pekerjaan, dan nomor KTP harus masuk dan tertera dalam kontrak sewa.

2. Teliti Terlebih Dahulu Berbagai Macam Properti Yang Disediakan

Tips sebelum sewa rumah yang pertama, penyewa dapat melakukan pengecekan dengan melihat secara seksama segala properti yang ada. Properti tersebut meliputi aliran air, AC jika ada, keadaan pintu serta jendela, kamar mandi beserta toilet dan yang lainnya. Tanya hal tersebut kepada pemilik rumah atau yang mewakili. Supaya penyewa dapat mempertimbangkan harga yang telah dibayarkan dengan fasilitas yang akan diterima.

Pastikan juga bahwa rumah tersebut merupakan rumah yang layak untuk ditinggali dan termasuk dalam kriteria penyewa. Jangan hanya tergiur dengan harga rendah yang ditawarkan, tetapi barang perabotan banyak yang rusak.

3. Bangun Hubungan Baik Dengan Pemilik Rumah

Hubungan baik disini dalam artian cukup mengetahui dan saling menghormati, bukan harus akrab layaknya teman dekat yang tau sifat luar dan dalam. Hal ini akan sangat membantu penyewa jika terjadi suatu kendala semacam kerusakan pada beberapa bagian rumah. Jika hubungan terjalin dengan baik dan harmonis, pemilik rumah juga dengan senang hati untuk membantu memperbaiki.

Namun akan berbanding terbalik jika hubungan yang dijalin kurang bahkan tidak harmonis. Kemungkinan besar pemilik rumah juga akan berpikir ulang untuk membantu atau tidak.

4. Sepakati Bersama Harga dan Masa Sewa

Tips sebelum sewa rumah yang selanjutnya ini dilakukan sebagai salah satu antisipasi penyewa agar tidak diusir sewaktu-waktu secara satu pihak oleh pemilik rumah. Kesepakatan ini biasanya terdapat dalam kontrak yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Penyewa juga harus memperhatikan bagaimana cara pembayarannya, dicicil tiap bulan atau tiap minggu atau harus kontan langsung lunas.

Selain itu juga perlu untuk memastikan kapan penyewa bisa memulai menempati rumah dan kapan harus keluar rumah semuanya harus jelas dan transparan.

5. Menetapkan Batasan Perawatan Rumah

Tips sebelum sewa rumah yang satu ini bertujuan supaya pemilik rumah tidak kecewa pada saat kontrak sudah selesai dan menyaksikan barangnya tidak terawat dengan baik. Jika perlu buat saja poin secara rinci mengenai perawatan seperti apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh penyewa selama masa sewa. Misalnya tidak boleh memaku tembok, mengecat atau menggambari tembok dan lain-lain.

Demikian pembahasan mengenai beberapa tips sebelum sewa rumah yang dapat menjadi pertimbangan bagi penyewa maupun pemilik rumah. Hal ini perlu diketahui supaya tidak terjadi penyesalan di kemudian hari setelah transaksi dilakukan oleh kedua belah pihak.

 

You may also like